Monday, April 25, 2011

Sekolah untuk Ajang Berbisnis

Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang tak kenal kata menyerah, hal ini terlihat dari setiap watak penduduknya, apapun, kapanpun, dan dimanapun segala sesuatunya bisa dijadikan uang. Dari tukang sol sepatu sampai pengusaha sukses ada di negara berkembang ini. Banyak yang bernilai positif namun tak kalah banyaknya juga yang bernilai negatif. Mulai dari ilegal loging, narkoba, perdagangan gelap bahkan sekarang sarana pendidikanpun bisa dijadikan sarana berbisnis. 


Inilah yang sangat berbahaya jika sarana pendidikan seperti sekolah sudah mulai dimanfaatkan untuk meraup untung sebesar-besarnya, bayangkan saja jika sarana pokok untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia tujuan utamanya telah diselewengkan dari awalnya direalisasikan untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia dirubah menjadi sarana untuk mengembangkan industri dan meraup untung sebanyak-banyaknya. Banyak kini sekolah swasta yang mempromosikan sekolahnya dengan begitu wah dan dirancang sedemikian menariknya agar para calon siswa tertarik untuk masuk kedalamnya walaupun harus mengeluarkan biaya pendidikan yang sangat tinggi, nah disinilah letak permasalahanya, beberapa sekolah swasta menawarkan harga yang begitu tingginya dengan mengumbar janji lewat secuil presentasi dan secarik kertas, setelah para calon siswa tertarik dan masuk ke sekolah tersebut yang ia dapatkan hanyalah kekecewaan belaka, dia merasa telah menjadi korban brosur, ternyata apa yang disampaikan ketika masa promosi tak seindah realitanya. Sekolah-sekolah yang cendrung didirikan hanya untuk kepentingan berbisnis semamata, pada umumnya tidak terlalu peduli dengan apa yang dibutuhkan sekolah tersebut, segala sesuatu yang menyangkut halnya dengan pendanaan pasti prosesnya sangat sulit, dan pada akhirnya segala sesuatu yang didapat kan siswa cendrung tidak maksimal atau bahkan tidak mendapatkan apa-apa. Sekolah-sekolah seperti ini biasanya sangat menginginkan nama yang tenar tetapi tidak ingin mengorbankan apa yang mestinya dikorbankan. Sekolah yang didirikan hanya untuk kepentingan bisnis semata, hanya akan merusak moral siswa dan menjadikan mereka sebagai bibit busuk yang akan menghancurkan negara ini.


Maka dari itu janganlah mendirikan sarana pendidikan sebagai ajang mencari keuntungan semata, mari kita majukan negeri ini menjadi negara yang berkualitas bukan malah merusaknya hanya karena keegoisan semata

No comments:

Post a Comment